Makalah Sistem Informasi Manajemen

PENDAHULUANA.  

Sistem Informasi Manajemen sekarang tidak lagi berkembang dalam bidang usaha saja, tapi sudah digunakan dalam berbagai bidang, dari mulai pendidikan, kedokteran, indistri, dan masih banyak lagi. Ini menandakan bahwa Informasi yang akurat dan cepat dibutuhkan di berbagai bidang.

Sistem adalah satu kesatuan komponen yang saling terhubung dengan batasan yang jelas bekerja bersama-sama untuk mencapai seperangkat tujuan. Sistem informasi adalah kombinasi dari people, hardware, software, jaringan komunikasi, sumber-sumber data, prosedur dan kebijakan yang terorganisasi dengan baik yang dapat menyimpan, mengadakan lagi, menyimpan, dan menyebarluaskan informasi dalam suatu organisasi. Orang bergantung pada sistem informasi untuk berkomunikasi antara satu sama lain dengan menggunakan berbagai jenis alat fisik (hardware), perintah dan prosedur pemrosesan informasi (software), saluran komunikasi (jaringan) dan data yang disimpan (sumber daya data). Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sistem informasi memberikan peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan terutama di sekolah, sehingga seringkali orang menggunakan keunggulan sistem informasi yang ia gunakan sebagai kunci strategi pengelolaan bidang pendidikan atau sekolah.

Sekolah merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa pendidikan. Organisasi sendiri memilki pengertian suatu kumpulan orang yang saling bekerja sama demi mencapai tujuan tertentu. Sekolah sendiri merupakan organisasi yang memiliki tujuan untuk mencapai keberhasilan dalam bidang pendidikan. Keberhasilan suatu proses pendidikan tidak terlepas dengan adanya manajemen sekolah. Manajemen sekolah dapat berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah memerlukan adanya Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang membantu atau menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan bagi pimpinan dalam pengelolaan sekolah.

Kegiatan di sekolah  dalam bidang manajemen meliputi beberapa aspek pengelolaan seperti pengelolaan keuangan sekolah, administrasi sekolah, kepegawaian sekolah, sarana prasarana, dan hubungan sekolah dengan masyarakat sekitar. Dari bidang manajemen sekolah tersebut dalam pengambilan keputusanya tindak terlepas dengan adanya pemanfaatan informasi, terutama informsasi yang menyangkut dalam bidang manajemen masing-masing. Informasi sendiri memiliki pengertian suatu data yang sudah diolah dan siap untuk dijadikan acuan atau referensi dalam pengambilan keputusan. Data disini adalah merupakan suatu kumpulan dari peristiwa-peristiwa yang terjadi baik berupa kualitatif maupun kuantitatif.

untuk Naskah lengkap silahkan dapat di unduh disini

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s